info@ahlilingkungan.com
022- 2016640

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Tahap Penyusunan AMDAL

1. Kerangka Acuan (KA)

Suatu dokumen yang berisi tentang tata ruang lingkup serta kedalaman kajian ANDAL. Ruang lingkup kajian ANDAL meliputi penentuan dampak-dampak penting yang akan dikaji secara lebih mendalam dalam ANDAL dan batas-batas studi ANDAL. Sementara itu, kedalam studi berkaitan dengan penentuan metodologi yang akan digunakan untuk mengkaji dampak. Penentuan ruang lingkup dan kedalaman kajian ini merupakan kesepakatan antara pemrakasa kegiatan dan komisi Penilai AMDAL. melalui proses yang disebut dengan proses pelingkupan.

2. Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)

Telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu kegiatan yang direncanakan. Arti dampak penting disini adalah perubahan lingkungan yang amat mendasar yang diakibatkan oleh kegiatan. Pengertian diatas yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua rencana kegiatan harus dilengkapi dengan ANDAL, tetapi hanya kegiatan yang dianggap akan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan hidup.

3. RKL/RPL

  1. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) adalah dokumen yang memuat upaya-upaya untuk mencegah, mengendalikan dan menanggulangi dampak penting lingkungan hidup yang bersifat negatif serta memaksimalkan dampak positif yang terjadi akibat rencana suatu kegiatan. Upaya-upaya tersebut dirumuskan berdasarkan hasil arahan dasar-dasar pengelolaan dampak yang dihasilkan dari kajian ANDAL.
  2. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) adalah Rencana Pemantauan Lingkungan adalah upaya pemantauan untuk melihat kinerja upaya pengelolaan yang dilakukan.

4. UKL/UPL

Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), yang selanjutnya disebut UKL-UPL, adalah pengelolaan dan pemantauan terhadap Usaha dan/atau Kegiatan yang tidak berdampak penting terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan Usaha dan/atau Kegiatan. (Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 Tentang Izin Lingkungan). Kegiatan yang tidak wajib menyusun AMDAL tetap harus melaksanakan upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan. Kewajiban UKL-UPL diberlakukan bagi kegiatan yang tidak diwajibkan menyusun AMDAL dan dampak kegiatan mudah dikelola dengan teknologi yang tersedia.

5. Proses PerIzin Lingkungan

Terintegrasi dalam Online Single Submission (OSS)

Berikut daftar Perizinan terkait AMDAL dan UKL UPL

Daftar Perizinan

Keterangan

PERMENLHK No. 5 Tahun 2012 *

Download

Jenis Rencana Dan/Atau Kegiatan Yang Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup

PERMENLHK No P.25/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018

Download

Pedoman Penetapan Jenis Rencana Usaha Dan/Atau Kegiatan Yang Wajib Memiliki Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup

PERMENLHK No P.23/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2018

Download

Kriteria Perubahan Usaha Dan/Atau Kegiatan dan Tata Cara Perubahan Izin Lingkungan

PPRI No 27 Tahun 2012

Download

Izin Lingkungan

PPRI No 16 Tahun 2012

Download

Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup

*) Lampiran PERMENLH No 5 Tahun 2012

Hubungi Kami

Tertarik dengan layanan AMDAL dari AsEMS? Silakan hubungi kami dan dapatkan quote dari kami